Untuk Berlangganan Gratis

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Jurusan Kuliah Menantang

Bagi sebagian mahasiswa beberapa jurusan kuliah dirasa sangat penuh tantangan saat dijalani. Namun bukan berarti jurusan tersebut sepi peminat, bahkan sebalik nya tak jarang jurusan tersebut menjadi jurusan favorit para mahasiswa, mulai dari alasan prospek karirnya yang bagus, hingga kesukaan mereka pada subjek jurusan yang dipelajari. Berikut beberapa jurusan yang terkenal dengan tantangannya di bangku kuliah.

Psychobiology
Di Indonesia jurusan ini terdengar sangat asing, namun jika kamu memutuskan mengambil kuliah di luar negeri, khususnnya di universitas-universitas ternama di dunia, maka jurusan ini akan kamu temui. Sesuai dengan namanya, jurusan ini menggabungkan dua jurusan sekaligus dalam satu jurusan, yaitu Psikologi dan biologi. Jadi bisa dibayangkan bagaimana para mahasiswanya harus menjalankan 2 jurusan sekaligus dalam satu waktu. Penuh tantangan, pasti. Yang jelas, tak jarang mahasiswa kewalahan di jurusan ini. Namun, tak jarang pula yang sangat menikmati bergelut di jurusan ini dan melewati tantangannya. Bagaimana dengan kamu?.

Teknik
Satu hal yang sangat sulit didapatkan oleh para mahasiswa jurusan teknik yaitu nilai IP yang tinggi. Rata-rata para mahasiswa jurusan teknik memiliki nilai IP lebih rendah lima poin dari jurusan yang lain. Bahkan IP Nasakom(nasib satu koma) di jurusan ini adalah hal yang lumrah. Dari segi mata kuliah yang diterima, jurusan teknik merupakan penggabungan antara fisika dan matematika. Jadi kebayangkan betapa menantanganya jurusan ini. Meski demikian, buat kamu yang berniat masuk ke jurusan ini, jangan keburu takut duluan ya. Istilah "no pain no gain" berlaku banget di jurusan ini. Meski terasa berat dijalani, namun prospek pekerjaan di jurusan ini terbilang cukup luas bahkan tak jarang perusahaan-perusahaan engineering internasional berani melirik para mahasiswa-mahasiswa teknik senior yang belum lulus untuk bekerja di perusahaan mereka.

Kimia
Mengapa kimia masuk dalam salah satu jurusan menantang?. Salah satu alasan utamanya yaitu banyaknya tugas-tugas, dan quiz yang akan dilalui para mahasiswa dijurusan ini. Bahkan quiz menjadi makanan harian para mahasiswa jurusan kimia. Meski demikian seorang calon kimiawan sejati tentunya akan tetap bertahan di jurusan ini, bahkan sebaliknya mereka akan menikmati setiap tantangan yang diberikan selama masa kuliah. Apalagi alasannya kalau bukan kecintaannya pada kimia.

Ekonomi
Siapa bilang jurusan ekonomi merupakan jurusan yang santai, di jurusan ekonomi mahasiswa dituntut untuk bisa mengaplikasikan prinsip-prinsip matematika dalam kehidupan dan konsep abstrak sehari-hari. Load kuliah dan tugas yang diterima mahasiswa pun tergolong padat. Ditambah lagi tuntutan para dosen yang mengharuskan para mahasiswa untuk mengerti materi-materi kuliah level tinggi yang mereka berikan.

Fisika
Bagi sebagian orang fisika adalah "neraka" nya mata kuliah. Buat yang tidak suka pelajaran fisika saat SMU disarankan untuk menghindari jurusan ini, karena di bangku kuliah, fisika yang akan kamu terima adalah fisika dengan tingkat kerumitan yang tinggi. Namun, bagi pecinta pelajaran fisika, disinilah kamu akan mendapat banyak tantangan menaklukan ilmu eksakta yang satu ini. Seberapa beratpun jurusan-jurusan diatas terkenal dengan tantangannya, tentunya tidak akan menyurutkan minat kamu untuk menekuninya kan, pepatah lama mengatakan "dimana ada niat, disitu ada jalan". semoga artikel ini bisa membuat menguatkan tekad kamu untuk terus maju menaklukan setiap tantangan yang akan kamu temui dari jurusan yang kamu pilih. Selamat menikmati tantangan di bangku kuliah!.

No comments:

Post a Comment

Archive

Popular Posts

There was an error in this gadget