Untuk Berlangganan Gratis

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Alat Super Berat Terbesar Di Dunia

Bucket-wheel excavator (BWE) adalah alat super berat yang digunakan di tambang terbuka.


BWE terbesar (MAN Takraf RB293) juga menyandang gelar sebagai alat bergerak terbesar yang pernah diciptakan manusia.







BWE paling efektif digunakan di tanah lembek yang tidak banyak mengandung batuan keras.

Komponen utama BWE adalah roda berputar besar yang dipasang pada sebuah lengan raksasa. Ujung roda ini kemudian dipasangi semacam ember besi (bucket) dengan gigi-gigi logam dipinggiran bucket yang digunakan untuk menggali tanah.





Bucket ini terus berputar seiring putaran roda (wheel) yang kemudian dirancang untuk menumpahkan muatannya pada sabuk berjalan (belt conveyor) yang terdapat di badan BWE.

BWE disebut juga sebagai continuous excavators karena dapat menggali secara menerus tanpa terputus. Bucket yang terus berputar akan memberikan tingkat penggalian maksimal plus tidak diperlukannya lagi alat angkut tambahan, sebab mineral yang digali langsung diangkut oleh belt conveyor.

Ini jelas sangat menguntungkan karena akan memberikan tingkat produksi yang tinggi dan penghematan biaya pembelian alat tambahan. Kelemahan BWE terutama disebabkan oleh harga alat yang sangat tinggi (capital cost jadi selangit) serta karakteristik BWE yang hanya cocok digunakan di tanah yang relatif lunak.

BWE paling sering digunakan di tambang batubara. Perusahaan Indonesia yang mengoperasikan BWE adalah PT Tambang Batubara Bukit Asam (PTBA), digunakan untuk menambang cadangan batubara di Airlaya.

Sedang negara yang banyak menggunakan BWE adalah Jerman. Menjadi lumrah ketika BWE terbesar pun dimiliki Jerman. BWE terbesar ini dibikin dengan biaya sekitar US$100 juta, membutuhkan 5 tahun pengerjaan serta memerlukan 5 orang untuk mengoperasikannya.

Berat alat mencapai 12.000 ton dengan kapasitas produksi 220.000 ton perhari. Maka tercatatlah alat raksasa ini di Guinnes Book of Records (2001-2006) sebagai alat bergerak terbesar di dunia







Ruang kabin operator:




Kecelakaan saat kerja dan proses evakuasinya :







 Bulldoser aja ga ada apa-apanya dibandingkan  MAN Takraf

2 comments:

  1. Dengan Hormat

    Perkenalkan kami PT. PURARI MITRA RAPUNZEL adalah perusahaan Jasa Customs Import, International Sea and Freight Forwarding, sekaligus Specialist dalam bidang Jasa Customs Clearance di Kepabeanan baik via Bandara maupun Pelabuhan di seluruh Nusantara.


    Jika Bapak/Ibu ada kebutuhan untuk jasa handling import seperti :

    1 . Jasa Handling Import Undername ( yang belum memilki izin import)
    2 . Jasa Customs Clearance export – import
    3 . Jasa Handling Import Borongan ( ALL-IN)
    4 . Jasa pengurusan barang-barang yang terlanjur di import dan masih tertahan di area pabean

    6. Trucking dan Domestic

    Hubungi kami pada alamat dibawah ini

    Regards

    AAN TOMY

    Email : aantomymdp@gmail.com

    Hp/WA : 085215363324



    PT.PURARI MITRA RAPUNZEL
    international air & sea freight forwarders service cargo, export import ex work, sewa undername (consignee), customs clearance, service borongan (all-iin), transportasi alat berat dan PIB+EDI customs brokerage, consolidation, trucking dan untuk pengiriman domestics service seluruh lndonesia bisa kami handle.


    PT. PURARI MITRA RAPUZEL

    Jl. Raya Lapangan Tembak No. 3B
    Cibubur Jakarta TimurB
    Phone : 085215363324
    (6221)877 3907.2282 2117

    Aantomymdp@gmail.com

    ReplyDelete

Archive

Popular Posts