Untuk Berlangganan Gratis

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

5 Tips "Survive" di Kota Baru


Harus pindah ke kota baru untuk kuliah? pastinya bakal membuat perasaanmu campur aduk ya, antara senang karena diterima di universitas favorit mu, tapi juga berat karena harus meninggalkan kota tercinta yang selama ini kamu tinggali. Lebih dari itu, membayangkan harus tinggal jauh dari orangtua di kota yang mungkin asing buat kamu tentunya bisa membuat kamu down, takut, khawatir, bahkan sampai stress. Setiap kota pasti punya tantangan dan ciri khas sendiri, agar bisa survive dikota baru Muridoke punya beberapa tips dan trik sederhana yang mungkin bisa berguna buat kamu.

1. Menyusuri jalan
Menyusuri jalan dengan berjalan kaki disekitar kampus atau tempat kamu tinggal bisa menjadi cara ampuh untuk bisa lebih mengenal kota yang baru saja kamu datangi. Jadikan acara susur kota ini menjadi acara jalan santai yang bisa kamu lakukan di waktu senggang. Jangan lupa untuk mengamati setiap tempat dan sudut kota yang kamu temui. Hapalkan setiap spot seperti rumah makan, tempat cuci, tempat foto copy hingga mini market yang sekiranya akan sering kamu datangi. Amati juga rutinitas keseharian di tempat-tempat tersebut jadi jika suatu saat kamu harus ke tempat-tempat tersebut kamu tahu kapan jam buka dan jam tutupnya.

2. Ngobrol
Infomasi paling berharga bagi para pendatang baru tentang kota yang akan kita tinggali adalah informasi dari masyarakat sekitar atau mereka yang telah lebih dulu tinggal dikota tersebut. Jadi, jangan malu untuk bertanya pada para senior, bahkan pemilik warung disebelah kosan tentang tempat-tempat menarik, tempat rekreasi, hingga tempat asyik untuk nongkrong dikota tersebut. Sediakan waktu santai untuk sedikit mengobrol dengan mereka, dan mengorek berbagai informasi seputar kota yang akan kamu tinggali.

3. Datangi
Setiap kota pasti punya tempat-tempat menarik untuk hangout atau sekedar bersantai. Jangan cuma tahu tempat tersebut dari cerita orang atau website saja, segera datangi tempat-tempat tersebut, siapa tahu tempat tersebut bisa jadi tempat alternatif kamu melepas jenuh.

4. Membaur
Salah satu cara paling efektif untuk membaur dengan lingkungan baru yaitu dengan ikut serta dalam berbagai kegiatan. Misalnya, saat dikampus, ikutilah berbagai kegiatan atau klub-klub kampus. Jangan hanya berdiam diri saja dikamar, bergabunglah dengan teman-teman baru mu menghadiri berbagai pertunjukan dan event-event seru yang diadakan oleh kampus atau kota tempat kamu tinggal.

5. Jaga komunikasi dengan keluarga
Saat kamu berhasil menyesuaikan diri dan merasa betah tinggal dikota baru, jangan pernah lupakan kampung halaman mu. Tetaplah jaga komunikasi dengan keluarga melalui telpon atau email. Menceritakan pengalaman mu menjelajah kota baru kepada keluarga akan membuat kamu merasa lebih baik, selain tentunya membuat kelurgamu merasa tenang melepasmu untuk tinggal sendiri dikota tersebut.

No comments:

Post a Comment

Bisnis 100% Tanpa Modal

Archive

Popular Posts