Untuk Berlangganan Gratis

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Kenali fakta tentang alkohol sebelum terlanjur 'kecanduan'!

Kenali fakta tentang alkohol sebelum terlanjur 'kecanduan'!


1. Semua Jenis Minuman Beralkohol Membuat Mabuk
Alkohol berkadar murni tidak dikonsumsi manusia. Yang bisa kita konsumsi adalah minuman yang mengandung ethyl alcohol atau ethanol. Bahan ini dihasilkan dari proses fermentasi gula yang dikandung dari malt, anggur atau bahan lainnya. Bukan jenis minuman yang menentukan kadar mabuk seseorang, tetapi persentase alkohol yang masuk ke dalam darah (BAC=blood alcohol content).

2. Cuma Butuh 30 Detik
Alkohol cuma butuh 30 detik untuk mempengaruhi otak! Segera setelah kita minum, dia langsung dibawa aliran darah berkeliling seluruh tubuh. Jika kita langsung minum banyak alkohol, itu bisa membunuh kita hanya dalam waktu beberapa jam.

3. Efeknya Nggak Cepat Hilang
Pengaruh langsung minum alkohol, antara lain; euphoria (gembira), relaksasi, refleks melambat (gerakan tubuh, pandangan, banyak bicara), pusing, haus, disorientasi, tekanan darah menurun dan nausea (mual). Nggak ada yang bisa menghilangkan efek alkohol dengan cepat, kecuali waktu.

4. Membuat Kecanduan
Penggunaan jangka panjang bisa membuat kita sering gelisah, tremor, dan halusinasi. Alkohol potensial banget menimbulkan adiksi. Semakin lama penggunaan alkohol, toleransi tubuh semakin besar sehingga daya tahan tubuh kita terhadap suatu dosis semakin besar.

5. Wanita Lebih Cepat Mabuk
Batas maksimum pemakaian alkohol yang aman bagi wanita hanya 30 gr/hari. Karena jaringan otot cewek jumlahnya lebih kecil dibanding cowok, alkohol jadi sulit diurai oleh cairan tubuh kita sehingga lebih cepat menyebar dalam aliran darah dan bikin kita lebih cepat mabuk!

6. Lebih Cepat Diserap Wanita Pada Masa Haid
Perubahan hormonal menjelang haid membuat kita gampang dipengaruhi alkohol. Cewek pada saat itu lebih peka dibanding hari-hari biasanya sehingga lebih mudah menyerap apa pun, termasuk alkohol. Meningkatnya estrogen membuat metabolisme alkohol jadi lamban dan membuat kadar BAC ikut naik. Tingkat emosi yang tidak stabil juga salah satu faktor yang membuat kita nggak bisa berpikir jernih untuk melawan efek alkohol.

No comments:

Post a Comment

Archive

Popular Posts

There was an error in this gadget