Untuk Berlangganan Gratis

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Kartu Natal Terkecil Didunia. 1/10 Tebal Rambut

Ahli nanoteknologi dari Universitas Glasgow, Skotlandia, membuat kartu natal berukuran sepersepuluh tebal rambut manusia.

Professor David Cumming dan Dr Qin Chen membuat kartu natal itu dengan mengukir gambar pohon natal di atas bahan kristal gelas superkecil. Warna-warni pada kartu natal superkecil ini dibuat dengan proses plasmon resonance, yang menggunakan film aluminium berpola yang diproduksi oleh James Watt Nanofabrication Centre.

Cumming mengatakan produksi kartu natal itu hanya memakan waktu 30 menit. "Proses pembuatannya instan dan bisa dilakukan berulang-ulang. Yang memakan waktu lebih lama adalah proses mendesain gambar pohon natalnya," kata Cumming.

Kartu natal terkecil ini memiliki ukuran lebar 200 mikrometer dan tebal 290 mikrometer. Ukurannya kira-kira sepersepuluh tebal sehelai rambut manusia. Sebanyak 500.000 kartu natal superkecil ini bisa disusun di kertas A5.

Namun, meski kartu natal mini ini hanyalah demonstrasi kalau teknologi yang digunakannya betul-betul nyata. Lewat pembuatan kartu natal ini, para ilmuwan ingin menggambarkan kalau nanoteknologi sangat berpengaruh di masa sekarang.

"Nanoteknologi kami adalah salah satu yang terbaik di dunia. Namun, menjelaskannya pada publik kadang sulit. Kami lalu memutuskan untuk membuat kartu natal ini sekadar menunjukkan betapa akurat teknologi ini," kata Cumming.

Source : http://uniqpost.com/12087/wow-ucapan-selamat-natal-terkecil-di-dunia-110-tebal-rambut/

No comments:

Post a Comment

Archive

Popular Posts

There was an error in this gadget