Untuk Berlangganan Gratis

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

ANTARA MITOS & FAKTA NATAL

Natal nyaris selalu identik dengan saling memberi hadiah, figur sinterklas, sejuta harapan baik untuk masa mendatang. Selain itu, ada pula mitos dan legenda. Nah, bisakah Anda memisahkan, mana yang fakta atau mitos?

1. Sosok sinterklas modern adalah seseorang yang gemuk, berjenggot panjang, berpakaian merah dan putih. Nah, sebetulnya sosok itu ciptaan produsen minuman ringan Coca Cola.
a. benar
b. salah

2. Kaum Kristiani merayakan Natal pada tanggal 25 Desember karena itulah
hari kelahiran Nabi Isa.
a. benar
b. salah

3. Dulu, kisah Rudolph the Red-Nosed Reindeer diciptakan untuk mempromosikan sebuah toko menjelang Natal.
a. benar
b. salah

4. Santo Nicholas yang asli adalah seorang uskup yang memerintah di awal
abad ke 4 M. Ia berasal dari satu daerah yang sekarang dikenal sebagai negara Turki.
a. benar
b. salah

Jawaban Yang benar:
1. b.
Bahwa sinterklas selalu berpakaian merah-putih memang dipopulerkan oleh Coca Cola untuk mempromosikan warna produksi minumannya. Tahun 1931, Coca Cola menyewa seorang artis yang digambarkan sebagai sinterklas tengah minum Coca Cola dan iklan itu meraih sukses besar serta membuat orang percaya, itulah gambaran sinterklas yang sesungguhnya.

Padahal, sebenarnya banyak bukti menunjukkan, sejak sebelum itu sinterklas memang sudah digambarkan sebagai pria gemuk berjanggut putih dan berkostum merah-putih. Ini bisa dilihat dari kartu Natal dan gambar lain yang dicetak tahun 1885.

2. b.
Hari kelahiran Isa Almasih tidak ditulis atau tidak ada di dalam kitab Injil. Cerita atau konteks tentang kelahirannya diindikasikan pada musim semi. Banyak teori yang menyatakan, mengapa Natal dirayakan tanggal 25 Desember. Salah satunya yang paling populer adalah karena pada masa itu orang ingin "membayangi" pesta yang diadakan kaum penyembah berhala.

3. a.
Cerita tentang Rudolph the Red-Nosed Reindeer memang diciptakan untuk kepentingan promosi Natal sebuah toko serba ada di Amerika, tahun 1939. Si pemilik toko sengaja memesan cerita tentang Natal untuk anak-anak. Ternyata cerita ini menjadi sangat populer, bahkan dibuat serial teve dan film layar lebar.

4. a.
Santo Nicholas dilahirkan sekitar tahun 280 AD dekat kota Myra di Turki sekarang ini. Dia dikenal amat baik hati dan sering menolong orang miskin serta memberi hadiah pada anak-anak kecil. Nicholas amat dikagumi berkat kemurahan hatinya.

Legenda Santo Nicholas meluas dan pada zaman Renaissance dia menjadi amat populer di Eropa. Di Belanda, ia dikenal dengan nama Sinter Klaas atau Sint Nikolas dan mengilhami orang untuk memberi hadiah saat Natal.

Orang belanda yang berimigrasi ke Amerika lalu membawa dan memperkenalkan tradisi tersebut. Di Amerika, nama Sinter Klaas berubah menjadi Santa Claus.

Source:nostalgia.tabloidnova.com

No comments:

Post a Comment

Bisnis 100% Tanpa Modal

Archive

Popular Posts