Untuk Berlangganan Gratis

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Kebiasaan Unik Orang Purba

Ternyata manusia purba juga suka pesta. Kebiasaan pesta dengan makan bersama bukan tradisi modern. Berdasarkan bukti dari situs di Israel, pesta adalah peristiwa yang sering terjadi di kalangan manusia purba. Bahkan, tindakan ini muncul sebelum mereka mengenal sistem pertanian, tulis penelitian terbaru.

"Ilmuwan memperkirakan bahwa pesta besar-besaran telah ada sebelum periode Neolitik di mana terjadi sekitar 11,5 ribu tahun yang lalu," kata Natalie Munro dari University of Connecticut yang menulis penelitian ini di jurnal The Proceedings of the National Academy of Sciences.

"Ini adalah bukti pertama yang mendukung gagasan bahwa perayaan komunal telah terjadi bahkan sebelum masa transisi pertanian," kata Munro lagi. Bukti arkeologi telah digali dari Gua Hilazon Tachtit, situs pemakaman di wilayah Galilee, Israel Utara. Munro dan ilmuwan lainnya yang berasal dari Hebrew University, Yerusalem, menemukan setidaknya bangkai 71 kura-kura dan tiga sapi liar.

Daging dari cangkang kura-kura ini dapat memberi makan 35 orang, kata Munro. Penemuan ini cukup penting mengingat keberadaan tradisi pesta merupakan sarana perekat sosial yang penting di zaman purba. Tidak hanya itu, ini juga terkait bagaimana suatu peradaban manusia dapat maju.

"Alasan utama mengapa manusia mulai membuat tradisi pesta selanjutnya memproduksi makanan sendiri dikarenakan perkembangan populasi manusia yang terus meningkat dan mulai menciptakan kelompok," kata Munro lagi.

No comments:

Post a Comment

Archive

Popular Posts

There was an error in this gadget