Untuk Berlangganan Gratis

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Spesies Badak di Dunia Sangat Terancam Punah

Badak/Rhinoceros
Klasifikasi ilmiahKingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Mammalia
Infraclass: Eutheria
Order: Perissodactyla
Suborder: Ceratomorpha
Superfamily: Rhinocerotoidea
Family: Rhinocerotidae
Ciri khas keluarga badak ditandai dengan ukuran badannya yang besar (salah satu megafauna terbesar yang tersisa), dengan berat mencapai satu ton atau lebih berat; herbivora, dan mempunyai kulit pelindung yang tebal, 1,5-5 cm, serta terbentuk dari lapisan kolagen yang diposisikan dalam struktur kisi; otak relatif kecil untuk ukuran mamalia ini (400-600 g), dan tanduk besar. Mereka umumnya mengonsumsi tumbuh-tumbuhan.Tidak seperti perissodactyls lain, spesies Afrika kurangnya gigi badak di depan mulut mereka, mengandalkan hanya pada gigi mereka yang kuat premolar dan molar untuk menggiling makanan tanaman.

Badak dibunuh oleh manusia untuk tanduk mereka, yang dibeli dan dijual di pasar gelap, dan yang digunakan oleh beberapa kebudayaan untuk tujuan pengobatan
.Tanduk terbuat dari keratin, jenis yang sama protein yang membentuk rambut dan kuku. Kedua spesies Afrika dan Badak Sumatera memiliki dua tanduk, sementara India dan Jawa Badak memiliki tanduk tunggal.

Daftar Merah IUCN mengidentifikasi tiga dari spesies
badak di dunia "sangat terancam".
Badak Jawa
Para Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus) adalah salah satu mamalia besar paling langka dan paling terancam punah di mana saja di dunia. Habitatnya di dataran rendah hutan hujan tropis, rumput tinggi dan tempat tidur alang-alang yang berlimpah dengan dataran banjir besar dan tempat berkubang lumpur. Meskipun tersebar luas di seluruh Asia, pada 1930-an badak jawa mengalami kepunahan di India, Burma, Semenanjung Malaysia, dan Sumatera. Pada 2009, hanya ada 40 dari mereka yang tersisa di Ujung Kulon, Banten, Indonesia.
Badak Jawa hanya memiliki satu tanduk. Berbulu, kulit abu-abu berkabut jatuh ke lipatan ke bahu, punggung, dan pantat memberikan penampilan layaknya mempunyai kulit lapis baja.. Panjang tubuh badak Jawa yang mencapai hingga 3,1-3,2 m (10-10 kaki), termasuk kepala dan ketinggian 1,5-1,7 m (4 ft 10 in-5 ft 7 in) tinggi.
Badak Sumatera
Para Badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) adalah spesies badak terkecil yang masih ada, serta memiliki bulu yang lebat, yang memungkinkan untuk bertahan hidup di ketinggian sangat tinggi di Kalimantan dan Sumatera. Karena hilangnya habitat dan perburuan, jumlahnya telah menurun dan ini adalah salah satu mamalia paling langka di dunia. Saat ini Badak Sumatera diperkirakan mencapai 275 ekor yang tersebar di Asia tenggara dan juga di Way kambas, Sumatera.

Biasanya badak Sumatera dewasa berdiri sekitar 130 cm (51 in) tinggi di bahu, panjang tubuh 240-315 cm (94-124 in) dan berat sekitar 700 kg (1.500 lb). Seperti spesies Afrika,
mereka memiliki dua tanduk, yang terbesar adalah depan (25-79 cm) dan kecil yang kedua, yang biasanya kurang dari 10 cm. Laki-laki memiliki tanduk jauh lebih besar daripada betina. Tubuh dan memiliki kaki pendek merupakan ciri khasnya .

Rhino Sanctuary Sumatra, Indonesia
Badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) adalah yang paling terancam dari lima spesies badak yang hidup. Tidak lebih dari 200individuals bertahan di kecil, populasi yang sangat terfragmentasi di Indonesia dan Malaysia, dan
species ini menderita penurunan populasi yang cepat karena perburuan dan hilangnya habitat. Karena tantangan dan ketidakpastian spesies yang terancam punah,maka pada tahun 1984 the World Conservation Union’s Asian Rhino Specialist Group menganjurkan untuk mengembangkan program penangkaran sebagai bagian dari strategi manajemen populasi yang lebih besar untuk badak Sumatera.

Ahli badak sepakat bahwa reproduksi yang berhasil akan membutuhkan kondisi yang cukup alami dan
penanganan yang khusus. International Rhino Foundation juga turut membantu dengan membangun dan mengoperasikan konservasi di Rhino Sanctuary Sumatera (SRS) di Taman Nasional Way Kambas, Sumatera, Indonesia. SRS mencakup 100 hektar (247 hektar) untuk propagasi, penelitian dan pendidikan, dan menerima badak pertama pada tahun 1998. Tempat kudus ini sekarang rumah bagi lima badak - dua laki-laki dan tiga perempuan - yang merupakan bagian dari program penelitian dan pemuliaan dikelola secara intensif yang bertujuan meningkatkan populasi badak Sumatera di alam liar. Di tempat khusus, badak berada dalam jumlah besar, daerah terbuka dimana mereka dapat mengalami habitat hutan hujan alami sementara masih menerima negara-of-the-art perawatan hewan dan gizi.
Tujuan dari Rhino Sanctuary Sumatera adalah untuk mempertahankan populasi kecil badak Sumatera untuk penelitian dan mengembangkan program pemuliaan yang sukses yang dapat menghasilkan hewan baru untuk membantu memastikan kelangsungan hidup spesies ini yang terancam punah di alam liar.

Populasi yang terancam punah
Sidak Alat perburuan liar
Badak telah ada di Bumi selama lebih dari 50 juta tahun dan memiliki sejarah gemilang. Di masa lalu, badak jauh lebih beragam dan luas (terjadi di Amerika Utara dan Eropa serta di Afrika dan Asia).

Hari ini, hanya lima spesies badak bertahan hidup. Kelima spesies dibagi lagi menjadi 11 subspesies diidentifikasi. Semua badak berada di bawah ancaman, dan semua kecuali satu spesies di ambang, kepunahan. Tanpa tindakan
yang serius, beberapa badak bisa punah di alam liar dalam 10-20 tahun mendatang. Hanya sekitar 25.000 dari makhluk-makhluk luar biasa bertahan hidup di alam liar dengan yang lain 1.250 di penangkaran. Dari jumlah tersebut badak, lebih dari dua pertiga adalah badak putih. Hanya ada sekitar 7.300 dari empat spesies lainnya digabungkan. Terbaik perkiraan populasi saat ini adalah:

Badak putih: 18.000
Badak hitam: 4.240
Greater Satu-bertanduk badak: 2,800-2,850
Badak Sumatera: 200
Badak Jawa: 40-50


YABI
dan IRF, lembaga yang menangani konservasi badak di Indonesia.
Konservasi di SRS, Way Kambas

YABI didedikasikan untuk konservasi badak di Indonesia yaitu Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus, Desmarest ) dan badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) YABI telah dibentuk dan diresmikan pada 28 Desember 2006 berdasarkan Akte Notaris No 34 dan disahkan oleh Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia pada tanggal 20 Maret 2007.

YABI sedang digabung dari tiga organisasi konservasi badak mantan, mereka Yayasan Mitra Rhino (YMR), Yayasan Suaka Rhino Sumatera (YSRS), dan Program Konservasi Badak Indonesia (PKBI).
badak jawa dapat hidup selama 30-45 tahun di alam liar. mereka hidup di hutan hujan dataran rendah dan padang rumput basah . java rhino biasanya menghindari manusia, tetapi akan menyerang manusia jika mereka merasa dilecehkan. Peneliti mengalami kesulitan untuk melakukan pengamatan secara langsung karena kelangkaan mereka dan bahaya mengganggu spesies ini. Peneliti menggunakan kamera dan sampel kotoran java Rhino untuk mengukur kesehatan dan perilaku.
Kita sebagai generasi penerus bangsa harus peduli tentang hal ini. badak adalah salah satu kekayaan bangsa kita yang telah terancam punah. Sejauh ini, hanya beberapa orang yang peduli tentang masalah ini. Bahkan pemerintah tidak campur tangan untuk konservasi badak di Indonesia. Dana untuk pelestarian badak masih terlindung dari organisasi asing seperti IRF (International Rhino Foundation).
Denial Denim, kami sangat khawatir tentang penurunan apresiasi badak oleh generasi muda. Oleh karena itu, sesi kedua kita sengaja mengangkat isu ini hewan langka penghargaan untuk masa depan yang lebih baik. Kami bekerja dengan YABI (Yayasan Badak Indonesia) sebagai pihak yang secara langsung menangani konservasi badak di Indonesia untuk bekerja sama dan berbagi banyak tentang populasi mereka dan habitatnya.
Anda dapat memberikan donasi langsung kepada YABI via:
Yayasan Badak Indonesia. Rekening Bank Mandiri :133-00-0545895-5 (Rp) atau 133-00-0545911-0 (US $) Cabang: Surya Kencana Bogor.

Waktu
nya untuk peduli pada populasi badak di Indonesia dan habitatnya. Kami berharap, perusakan dan perburuan badak di Indonesia untuk terus diminimalkan. Jadilah bijaksana untuk Indonesia yg lebih baik!

Sumber: dari berbagai sumber dan dirangkum oleh Denial Denim
Foto by: YAYASAN BADAK Indonesia via Denial Denim

No comments:

Post a Comment

Bisnis 100% Tanpa Modal

Archive

Popular Posts